Sabtu, 01 Februari 2014

Air Minum Tau Diri

Kita emang hobi bergaul dan bermasyarakat bukan? Nyamperin ke rumah temen, gebetan, pacar, pacar teman *eehh* pasti udah jadi hal yang lumrah buat kita semua kan ya? Dan apa yang paling sering kita jumpai kalo kita bertamu ke rumah orang? Makanan ringan? yayaya, bisa jadi. Disuruh makan? Nah ini rejeki banget buat kalian yang bertamu dan kelaparan. Tapi dari kesemua itu yang paling sering disuguhkan adalah air minum.


Lantas, mengapa air minum ini begitu menarik untuk saya bahas? Hehehehe... Ini karena keunikan dari penyuguhan air minum itu sendiri. Uniknya kenapa? Karena sesungguhnya air minum yang dihidangkan itu menggambarkan keadaan dan keinginan yang punya rumah terhadap tamu yang datang. Ada 3 jenis penyajian minuman yang saya bahas.

1. PANAS

Ya, ketika air dengan suhu panas ini disuguhkan berarti host atau tuan rumah ini ingin sang tamu lebih lama tinggal untuk menemani tuan rumah. Kenapa bisa dikatakan begitu? Karena, untuk mendinginkan suhu minuman tersebut kan lama ya. Jadi sang tuan rumah tau persis tuh bahwa sang tamu adalah tamu yang emang diinginkannya untuk menemaninya sekedar ngobrol ringan, berat atau yang lain.

2. HANGAT

Ketika minuman dengan suhu hangat ini disuguhkan, berarti tamu sebenernya datang disaat yang tidak tepat. Akan tetapi di lain sisi, sang tuan rumah menginginkan tamu yang berkunjung untuk tinggal dan ngobrol. Yaaahh walopun waktunya gak banyak. 

3. DINGIN

Yang terakhir ini mungkin terlalu menyakitkan. Tapi pertama - tama saya katakan,ini tidak berlaku jika sang tamu memintanya sendiri. Oke saya lanjutkan. Ketika minuman bersuhu dingin ini dihidangkan, maka sesungguhnya sang tamu adalah adalah orang yang tidak diinginkan oleh si tuan rumah. Mungkin dalam hatinya, si tuan rumah bilang "Yaelah nih orang dateng lagi. Buruan pulang dong". Hehehe... 

Nah loh, sudah jadi orang yang tau diri gak kalo bertamu? Kalo tidak diinginkan sih, mending buruan cus deh ya sebelum tuan rumah eneg ngeliat mukanya situ. Hehehe...


Tempat Sampah, 1 Februari 2014


Ttd
Tukang Sampah

17 komentar:

  1. Wah, ini udah mengalami proses penelitian sebelumnya nggak nih? Huehehe.
    Kadang-kadang tuan rumah kan ngliat sikon waktu tamunya dateng, misalnya waktu lagi panas-panas, berarti disuguhinnya es sirop. Bukan berarti pengen ngusir tamunya gitu sih. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. rumusnya gak berlaku mbak kalo berhadapan dengan request atau sikon :) pengalaman mengajarkan seperti itu mbak.

      Hapus
  2. bisa jadi bahan penelitian skripsi gua nih. tapi termasuk dalam bentuk komunikasi apa ya? haha
    kalau disuguhinnya air mineral dalam botol gimana tuh? gak panas, gak hangat, gak dingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi apa ya? aduhhhh.. belom belajar ilmu komunikasi nih ga... Nah itu termasuk dalam pengecualian. :p

      Hapus
  3. udah teruji di ITB dan IPB belum ??
    hahaha..
    salam kenal coy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. et dah, kayak iklan bingit ya bro? hahaha

      Hapus
  4. hahaha logis banget :D, nice info... ntar kalau ada yang bertamu ke rumah ane, ane suguhkan teh manis tapi dingin banget wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. buahahaha... yakyakyak, bolehbolehboleh.

      Hapus
  5. waduh, gue paham...
    gue bakalan lebih teliti lagi kalo lagi bertamu, gue bakalan lebih peka lagi!!! #preettt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha... awas nasi sebakul abis :p

      Hapus
  6. aduh bang, aku kalo pergi kerumah temen-temen aku yang mana pun, selalu dikasi minuman dingin. apa aku ga pernah diharapkan yah kedatangannya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmm.. mungkin aja. :) atau coba deh lain kali bertamunya ke rumah saya. hahaha...

      Hapus
  7. Waahh ternyata suhu air berpengaruh ya.. hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... sepertinya begitu. siap2 bawa termometer aja deh :)

      Hapus
  8. saya biasanya bikinin minum buat tamu sengaja anget, bukan karna biar mereka nggak bertamu lama-lama sih, tapi biar orangnya bisa cepet minum, karna saya selalu mikir, "mungkin aja orangnya lagi aus, pengen buru-buru minum kan kasian kalo panas" hehehe
    semoga tamu saya tidak berpikir di usir secara halus.

    BalasHapus
  9. kalo siang-siang gitu mau aku suguhin teh panas kadang juga mikir bang

    BalasHapus
  10. bener juga sih ;p Tp kdg kalo lg ada tamu yg ga diinginkan, aku sekalian ga mw bikinin minum ;p..Biar dia ngerasa ditolak :D

    BalasHapus