Jumat, 10 Januari 2014

Tugas Pemain Bola Menurut Positioning





Hai... hai... Bejumpa lagi dengan saya. Wah gak terasa nih, saking semangatnya menulis, belom sampe sebulan ini saya sudah memposting tulisan sebanyak 4x (termasuk ini ya). Aduh... jadi keranjingan menulis nih ceman - ceman. Saya kali ini mau ngebahas tugas pemain bola menurut posisi mereka masing - masing ya. Maklum ini termasuk salah saya hobi saya (pssstt.. jangan bilang - bilang cewek saya ya. Do'i suka mencak - mencak kalo saya sudah asyik nonton pertandingan bola atau main sepakbola) Saya kasih pemahaman soal tugas pemain bola biar yang gak ngerti bola nih juga paham pemain ini posisinya apa tugasnya apa.

Oke, posisi dan pembahasan sebagi berikut. Simak baik - baik ya:

1. KIPER

Buat teman - teman yang gak ngerti apa itu kiper nih saya kasih tau bocorannya ya. Kiper berasal dari kata "KEEP" yang artinya menjaga (eh tapi selain menjaga, banyak juga artinya kok). Berhubung ini penjaga maka ditambahi "ER" jadilah "KEEPER". Karena yang dijaga adalah gawang jadi kita menyebutnya sebagai "GOAL KEEPER". Dasar lidah orang Indonesia aja yang males nyebut yang panjang - panjang, jadi deh "KIPER". Tempatnya adalah dibagian belakang bersama gawang kebanggaannya. Orang ini bertugas menjadi benteng terakhir pertahanan sebuah tim. Paling enak kalo timnya menyerang terus, dia bisa jaga gawang sambil pesen es cendol yang biasa mangkal di stadion. Paling gak enak kalo gawangnya kebobolan berkali - kali. Ujung - ujungnya pasti di maki - maki pendukung tim. Apalagi kalo sampe bikin blunder - blunder konyol.


2. BEK

Bek bahasa Inggrisnya BACK. Bek ada 2 jenis, bek tengah dan bek sayap (kanan - kiri). Bek tengah, itu  Tugasnya adalah dibelakang dan berada didepan kiper. Nemenin kiper curhat soal keluarganya, soal selingkuhannya ataupun utang2nya. Makanya dia juga sering ditraktir es cendol oleh kiper kalo timnya nyerang terus. Perlu postur yang ideal untuk jadi seorang bek. Badan kekar, tinggi dan wajah garang. Tugasnya melindungi kiper kalo - kalo timnya diserang musuh, atau ada penyerang lawan yang ngegodain kipernya gara - gara sang kiper utang di warteg penyerang lawan.
Sedangkan Bek Sayap lebih mempunyai karakter lincah,posisinya ke arah luar dari bek tengah. Naik turun sih tugasnya, ya kalo timnya menyerang dia naik, kalo timnya diserang ya dia turun. Turunnya di halte deket kosan. Selain itu bek sayap mempunyai fungsi lain, yaitu menampung caci maki penonton. jadi perlu kesabaran ekstra untuk menjadi seorang bek sayap.

3. GELANDANG

Gelandang atau sering disebut midfielder. Orangnya semua berada di tengah area permainan. Sering terlibat konflik dan sering melakukan konfrontasi. Ada 4 jenis, Gelandang Serang, Gelandang Bertahan, Sayap (Kanan - Kiri) dan Playmaker atau istilah umumnya pengatur serangan. Oke bahasannya setelah saya garuk - garuk kepala... *hening* Oke lanjut. 
Gelandang Serang, tugasnya menggelandang kesana kemari mencari alamat palsu. Kalo sudah ketemu, orangnya pasti langsung dihabisin. Bukan tipe pengatur serangan, tapi lebih membantu menyerang lawan dengan kata - kata kasar dan provokasi. Secara garis besar dia sosok penolong.
Sedangkan Gelandang Bertahan adalah orang yang paling susah diajak untuk move on. Bertahan dengan sikap dan keputusannya. Tapi dia adalah sosok yang sangar, karena serangan musuh pasti ditahan olehnya. Hebat bukan? 
Sayap atau sering disebut winger adalah sosok yang suka sayap ayam setengah matang. Bertugas sebagai penyisir ranjau di sepanjang area lapangan luar tapi masih di dalam garis lapangan loh ya. Biasanya pemain sayap ini bertugas sebagai pengumpan dan selalu menyediakan pundaknya unuk sesorang yang ingin menangis karena diputus pacarnya atau gagal move on.
Yang terakhir dari spesies gelandang adalah Playmaker atau disebut pengatur serangan, pengatur permainan atau dirijen permainan. Bisa dibilang dia adalah otak dari seluruh kejahatan sebuah tim. Dia tipe orang yang dengan mudah untuk tarik ulur, pemberi harapan palsu. Tapi dia cerdas, karena baik buruknya sebuah tim bergantung padanya (menurut saya sih)

4. PENYERANG

Nah ini dia posisi paling depan, Striker ini bertugas untuk mencetak gol. Penyerang ini sudah jelas berada di garis depan. Dia orang yang paling suka mengancam, menyakiti dan blak - blak an. Bisa dibayangkan jikalau seorang striker tidak mempunyai ancaman, apa jadinya sebuah tim? Bisa - bisa bek lawan tidak gentar menghadapi serangannya. Dia suka menyakiti kiper lawan dengan berondongan gol-nya. Paling enak karena dia banyak disukai oleh cewek, karena dia sering mencetak gol. Cewek mana coba yang gak pengen merasakan gol - gol indah bersarang di hatinya.

Nah itu dia teman - teman, tugas pemain sepakbola berdasarkan posisi masing - masing. Siapa tau sekarang, yang gak suka bola jadi suka bola. yang suka bola, jadi makin suka bola. Ternyata gak susah kan memahami tugas dan posisi pemain bola? Yak, nice to share fellas. 

Baydewey, kalo saya ini adalah seorang Playmaker. Kalo kamu apa hayo?




Tempat Sampah, 10 Januari 2014



Ttd
Tukang Sampah

6 komentar:

  1. Ohhhh jadi bek buat ngalihin perhatian ya.. wkwk.. :D

    BalasHapus
  2. Kalo saya lebih suka jadi gelandang serang mas Azis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. manteb... silahkan dilanjut mas :)

      Hapus
  3. Wasit ngga disebutin mas? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah loh, wasit kan bukan pemain bola. nanti deh ada edisi wasit sendiri :)

      Hapus